Rabu, 04 Juni 2014

Tips Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Lembut

By
Kulit merupakan salah satu bagian yang penting untuk dijaga. Terlebih lagi pada kulit bayi yang terkadang sensitif terhadap produk-produk yang mengandung bahan kimia yang berlebihan.  Khusus untuk kulit bayi ini menggunakan produk-produk yang terhindar dari tambahan bahan kimia, sehingga perusahaan-perusahaan berlomba-lomba untuk membuat produk yang dikhususkan untuk bayi, mulai dari sabun mandi, shampo, minyak rambut, minyak untuk tubuh bayi dan masih banyak yang lainnya, sebenarnya boleh-boleh saja mengunakan segala jenis produk ke kulit bayi, namun para bunda disini juga harus memperhatikan jenis kulit dari bayi itu sendiri, hal ini untuk mencegah beberapa infeksi yang nantinya bisa mengganggu kulit bayi.

Kulit bayi ini perlu dirawat setiap hari untuk membersihkan dari berbagai penyakit yang berasal dari lingkungan sekitarnya. Perawatan ini dilakukan dengan cara memandikan bayi secara teratur, membersihkan rambutnya, mengganti popok bayi serta selalu menggunakan baju bayi yang tepat pada tubuh bayi. Baju bayi juga harus menggunakan kain-kain tertentu, karena bayi yang bergerak atau tidak bergerak akan mengahsilkan keringat. 

Baju yang dipakai oleh bayi setidaknya baju yang dapat meresap keringat bayi dan kain itu bersifat halus dan dingin bagi kulit bayi. baju-baju bayi biasanya agak tebal karena menggunakan bahan katun yang bagus untuk menjaga kulit bayi. Dan disini para bunda bisa belajar bagaimana cara merawat kulit bayi. Berikut ini adalah Tips merawat kulit bayi agar tetap lembut:

1. Produk. Gunakan produk bayi sebagai awal membersihkan tubuh bayi dari kotoran atau penyakit. Produk bayi ini harus bertekstur halus dan minim sekali dari bahan-bahan kimia. 

2. Katun pilihan baju bayi. Jangan memilih sembarangan untuk pakaian bayi, karena dapat menimbulkan dampak ketidak nyamanan pada bayi. tujuan pemilihan bahan katun yaitu untuk menyerap keringat bayi.

3. Cermat dalam mencuci baju baru. Mencuci baju juga harus diperhatikan, terutama baju baru yang dibelinya harus dicuci terlebih dahulu agar dapat meluruhkan zat warna yang terdapat di kain serta zat kimia saat proses pembuatan baju. 

4. Penggunaan tisu basah. Tisu basah juga mengandung alkohol, jika kulit bayi anda kemerah-merahan segera hentikan pemakaian tisu basah. 

5. Bagi para bunda yang mungkin telah membelikan pakaian baru kepada bayi, hendaknya mencuci pakaian baru tersebut, karena meski pakaian baru, perlu adanya pembersihan dari bakteri-bakteri atau kuman yang menempel.

6. Bagi para bunda yang mungkin biasanya memakaian tisyu basah, hendaknya jangan lupa untuk  cermat dalam memilih tisyu basahnya, karena beberapa tisyu juga ada yang tidak cocok dengan kulit bayi, karena jika tidak cocok, biasanya terjadi keringat yang berlebih yang menyebabkan gatal-gatal, dan ini akan sangat mengganggu kenyamanan bayi anda bund.

7. Hendaknya memakai sabun cuci yang khusus, untuk bayi, bukan dari sabun orang dewasa.

Perhatikan selalu perkembangan kulit bayi anda, jika mengalami alergi yang berlanjut segera hubungi dokter. Itu saja untuk Tips merawat kulit bayi agar tetap lembut, semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi ibu hamil, bunda hamil atau yang masih mengandung, serta untuk semua calon ibu di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar