Rabu, 04 Juni 2014

Langkah-Langkah Make Up Pengantin Jawa

By
Seorang perias pengantin Jawa, harus mempunyai ketrampilan khusus dalam bidang merias wajah. Terkadang ada pula perias pengantin Jawa yang harus berpuasa dahulu sebelum merias, sebagai prasyaratnya. Konon, setelah si perias sudah berpuasa terlebih dahulu, mempelai wanita yang di rias akan terlihat jauh lebih cantik dan aura positif yang di timbulkan akan keluar dengan sendirinya. 

Make up untuk penganting jawa adalah make up yang khas dan berbeda dari make up pada umumnya, dan setiap daerah mempunyai ciri khas tata rias pengantin sesuai adatnya. Sebelum beranjak ke langkah-langkah nya ada baiknya untuk belajar tata rias dasar terlebih dahulu, agar untuk mempraktekkannya bisa lebih mudah. Baiklah, apa saja langkah-langkah make up pengantin Jawa? Berikut di bawah ini langkah-langkahnya :

Menganalisis wajah mempelai wanita

sang perias harus mengamati betul karakter wajah mempelai wanita yang akan dirias. Tujuan menganalisis wajah ini yaitu untuk dapat menentukan jenis make up yang cocok dan sesuai dengan karakter wajah mempelai wanita agar hasil akhirnya tampak sempurna.

Desain riasan

ciri khas pengantin Jawa yaitu riasan yang ada pada dahi atau biasa disebut dengan paes. Perias yang belum berpengalaman pasti akan menggambar polanya terlebih dahulu di dahi sebelum mengaplikasikan pidih hitam. Bedak yang digunakan adalah bedak berwarna kuning. Sedangkan bentuk alis yang biasa digunakan adalah bentuk alis gaya mangot dengan lengkungan yang cantik.

Memilih kosmetik yang sesuai

Sebaiknya, 2 minggu sebelum pernikahan, calon mempelai wanita melakukan tes make up terlebih dahulu. Riasan pengantin Jawa menggunakan bedak berwarna kuning, eye shadow berwarna hijau muda dan coklat, pensil mata berwarna hitam, pemerah bibir biasanya warna merah sirih klasik dan tidak ketinggalan pemerah pipi.

Make up pengantin Jawa memang terkesan agak rumit. Namun, semua riasan tersebut mempunyai simbol dan lambang yang sarat makna. Riasan pengantin Jawa tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Di butuhkan ketelan untuk merias pengantin Jawa ini. oleh sebab itu dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk merias pengantin adat Jawa tersebut. Meskipun terlihat rumit, tetapi riasan pengantin Jawa ini cukup di gemari oleh kaum wanita. Di karenakan kemewahan, kesakralan, dan keanggunan yang terpancar pada hasil akhirnya. Nah, itu tadi langkah-langkah make up pengantin Jawa yang saya bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar