Senin, 16 Juni 2014

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

By
Lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi atau lebih baik sakit gigi daripada sakit hati? Karena sama-sama sakitnya, pasti lebih baik memilih sehat aja kan? Saya yakin kita semua tidak ada yang menginginkan sakit, terutama sakit gigi. Tapi apa mau dikata terkadang tindakan preventif saja masih belum cukup. Sakit gigi masih bisa menyerang dan dialami siapa saja baik bayi sampai lansia sekalipun. Sakit gigi merupakan gejala umum dari penyakit gigi dan struktur jaringan penyangga gigi. 

Sakit gigi umumnya diakibatkan karena pola hidup kita yang tidak teratur seperti tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi alias jarang sikat gigi, suka makanan yang manis dan mengandung kafein seperti teh maupun kopi juga mengabaikan masalah gigi yang berlubang. Penyebab yang lebih spesifik lagi dari sakit gigi yaitu pertama, disebabkan karena masalah gigi dan rahang seperti rongga gigi, karies gigi, gigi retak, penyakit gusi maupun gingivitis (penyakit rahang). Kedua, sakit gigi disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi maupun rahang yaitu disebabkan karena gejala penyakit jantung (angina atau serangan jantung), penyakit telinga (infeksi telinga bagian dalam maupun luar) dan sinus.

Setelah tahu penyebabnya maka kita harus tahu cara mengobatinya. Anda tidak mau kan merusak aktivitas dan mood anda terlalu lama karena sakit gigi. Nah, Pengobatan yang seperti apa sih yang harus kita lakukan? Medis kah? Yang mahal? Pengobatan dari dokter spesialis paling ternama? Semua itu bisa anda lakukan. Tapi tahu kah anda? ada cara yang lebih hemat, praktis dan mujarab yang dapat anda lakukan untuk mengobati sakit gigi. Tidak perlu jauh alias bisa dilakukan dirumah sendiri, lebih praktis dan pasti lebih hemat serta ampuh pastinya.  Cara ini lebih aman untuk kesehatan badan kita lho ketimbang menggunakan obat-obatan kimia. Cara alami yang menggunakan bahan-bahan tradisional yang mudah ditemui di sekitar rumah kita. Berikut akan saya berikan beberapa tips cara alami mengatasi sakit gigi antara lain :

Bawang Putih

Bawang putih atau Allium Sativum L. sangat populer sebagai bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang putih memiliki banyak kandungan senyawa sulfur atau zat yang disebut Alliin. Bawang putih memiliki manfaat sebagai antibiotik dalam tubuh manusia. Antibiotik tersebut ternyata mampu meredakan sakit gigi lho. Bahkan bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk terapi memperkuat struktur tulang gigi anda. Cara menggunakannya cukup mudah dan bervariasi dengan hasil sama, menyembuhkan sakit gigi yaitu: cara pertama, ambil bawang putih, kupas lalu tumbuk sampai halus. Setelah ditumbuk halus langsung tempelkan pada permukaan gigi yang sakit. Tunggu lima menit lalu kumur dengan air hangat. Cara kedua, tumbuk halus bawang putih lalu campur dengan garam. Tempelkan pada permukaan gigi yang sakit. Tunggu lima menit lalu kumur dengan air hangat. Cara ketiga, tumbuk halus bawang putih lalu campur dengan kacang tanah. Tempelkan pada permukaan gigi yang sakit, tunggu sekitar lima menit, bersihkan lalu kumur dengan air hangat.

Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih saja yang ternyata mampu mengobati sakit gigi. Bawang merah yang terkenal jahat di dongeng ternyata baik lho di dunia nyata. Nyatanya kandungan anti mikroba pada bawang merah atau yang dikenal dengan nama latin Allium Cepa L. Ini mampu meringankan rasa sakit gigi sekaligus membasmi kuman penyebab sakit gigi. Cara menggunakannya sangat praktis dan mudah, cukup tempelkan satu siung bawang merah pada permukaan gigi yang sakit kemudian bersihkan setelah kurang lima menit lalu kumur dengan air hangat sampai bersih. 

Kunyit

Curcuma Longa Linnaeus atau yang lebih populer dengan nama kunyit. Biasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat bumbu masakan dan juga jamu. Tumbuhan herbal yang satu ini ternyata dapat anda gunakan sebagai obat alami untuk mengobati sakit gigi. Caranya, sangrai kunyit lalu tumbuk sampai halus sampai menjadi bubuk. Bubuk ini kemudian bisa langsung ditempelkan pada permukaan gigi yang sakit. Setelah lima menit bersihkan dan kumur sampai bersih.

Merica atau lada dan cabai hijau

Meskipun memiliki rasa yang cukup menyengat dan pedas tetapi merica atau lada merupakan obat dari warisan leluhur yang telah lama dijadikan sebagai obat sakit gigi yang ampuh. Caranya, anda dapat membuat pasta dari gabungan merica atau lada dan garam dengan perbandingan 1:1. Setelah itu tempelkan pasta tersebut di atas permukaan gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit lalu bersihkan dan kumur. Lakukan setiap hari secara rutin. Selain merica, anda juga dapat memanfaatkan cabai hijau. Dengan cara, bakar cabai hijau lalu tempelkan pada gigi yang sakit. 

Garam

Selain sebagai perasa masakan, garam yang memiliki kandungan yodium yang tinggi juga dapat berkhasiat meredakan ngilu gigi. Caranya cukup mudah, larutkan garam secukupnya dalam air hangat yang telah disiapkan. Lalu bisa segera digunakan untuk berkumur.

Es batu

Ambil beberapa bongkah es batu lalu gosokkan pada gigi yang sakit. Es batu hanya berkhasiat sementara, untuk meredakan saja. Ulangi lagi bila gigi terasa sakit lagi. Es batu lebih aman dari pada obat pereda sakit kimia.

Biji asam jawa dan belimbing wuluh

Biji asam jawa dapat digunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara sangrai biji asam jawa secukupnya. Lalu ditumbuk sampai halus dan digunakan sebagai pasta gigi. Gosok pada gigi menggunakan kain atau sikat gigi. Selain biji asam jawa, beberapa buah belimbing wuluh yang sudah dicuci bersih juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi dengan cara kunyah belimbing wuluh tersebut dengan garam menggunakan gigi yang sakit. Lakukan secara rutin minimal sehari sekali

Biji jarak cina

Ambil beberapa biji jarak cina. Bersihkan lalu tumbuk sampai halus. Setelah halus kemudian seduh dengan air panas. Lalu diamkan sampai dingin. Setelah dingin, air rebusan dapat digunakan untuk berkumur secara teratur.

Minyak cengkeh

Cengkeh lazimnya dipakai sebagai bahan tambahan untuk masakan maupun bahan penyusun dalam rokok. Untuk mengobati sakit gigi, bisa dilakukan dengan meneteskan beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit terutama untuk mengurangi ngilu pada gigi.

Minyak tempurung kelapa

Ambil tempurung kelapa bersih secukupnya lalu bakar sampai keluar minyaknya. Teteskan minyak tersebut diatas kapas bersih. Lalu letakkan diatas permukaan gigi yang sakit. Insyaallah dalam beberapa menit gigi yang sakit akan sembuh.

Daun teh hangat

Daun teh hangat berkhasiat untuk menghilangkan bakteri pada karang gigi dan mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya yaitu tempelkan kantung teh sisa yang telah diseduh menggunakan air panas tanpa gula pada gusi atau gigi yang sakit. Lakukan berulang sampai rasa sakit pada gigi menghilang.

Daun inggu kering

Rebus 4 gram daun inggu  kering dalam 2 gelas air sampai mendidih. Apabila sudah  mendidih diamkan beberapa saat sampai air rebusan dingin. Setelah dingin saring airnya dan gunakan air tersebut untuk berkumur.

Daun sirih

Pernah melihat nenek-nenek yang mengunyah daun sirih kan? Sampai bibirnya merah-merah. Pasti anda dan saya merasa aneh dengan kegiatan nenek-nenek tersebut. Ternyata ada alasannya lho kenapa nenek-nenek banyak yang mengunyah sirih. Mereka mengunyah sirih untuk menjaga kesehatan gigi dan mengobati sakit gigi. Selain dikunyah cara lainnya yaitu rebuslah 50 gram daun sirih dalam 2 gelas air sampai mendidih dan menyusut menjadi satu gelas. Setelah itu biarkan sampai dingin dan gunakan untuk berkumur.

Bunga Matahari

Siapkan 60 gram bunga matahari, 5 gram jahe dan 600 cc air. Setelah itu rebus semua bahan tersebut sampai air menyusut menjadi 300cc. Kemudian air rebusan tersebut disaring dan diminum saat hangat. Lakukan secara rutin sampai gigi sembuh.

Peppermint

Siapkan 5 gram peppermint lalu rebus dengan secangkir air hingga mendidih. Jangan lupa tambahkan sedikit garam. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin. Minum air seduhan ini secara rutin minimal 2x sehari.

Alpukat atau daun kembang sore

Ambil beberapa alpukat lalu keringkan dibawah sinar matahari. Setelah alpukat tersebut menjadi kering tumbuk halus sampai menjadi bubuk. Tempelkan bubuk tersebut pada permukaan gigi yang sakit lalu tutup menggunakan kapas. Cara lainnya juga dapat menggunakan kembang sore. Petik dan bersihkan beberapa lembar kembang sore lalu seduh dalam air panas secukupnya. Setelah dingin dapat dijadikan sebagai obat kumur.


Jeruk nipis

Untuk pereda sakit gigi menggunakan jeruk nipis dapat dilakukan dengan cara pulaskan sari jeruk nipis pada gigi yang sakit selama 10 menit. 

Kulit semangka

Rebus kulit semangka secukupnya, lalu minum air rebusan tersebut. Resep ini bermanfaat untuk mengurangi pendarahan pada gusi anda.

Bayam

Siang – siang enaknya makan sayur bayam ya. Pasti segar. Bayam kalau diolah jadi keripik juga tidak kalah enaknya. Amaranthus Sp atau bayam ini selain diolah menjadi masakan ternyata juga bisa dijadikan obat sakit gigi. Caranya, siapkan beberapa lembar daun bayam lalu kunyah.

Mentimun

Cucumis Sativus L atau lebih dikenal dengan mentimun memang memiliki banyak manfaat. Biasa digunakan untuk sayur lalapan bahkan juga dipakai untuk masker wajah. Untuk mengobati sakit gigi caranya adalah cuci bersih mentimun secukupnya lalu potong-potong. Tempelkan pada gigi yang berlubang atau gigi yang sakit.

Demikianlah beberapa tips cara alami mengobati sakit gigi dari artikel yang saya tulis semoga dapat membantu anda dalam mengobati sakit gigi secara aman dan praktis di rumah. Selain dengan pengobatan yang alami sebaiknya anda juga lebih memperhatikan kesehatan gigi dan menjaga pola hidup yang lebih teratur agar terhindar dari sakit gigi. Terimakasih, silahkan dipraktikan dirumah dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar